BUSSINES
PLAN
KEWIRAUSAHAAN
DOSEN
:
Syafruddin,
S.E, M.M
DISUSUN
OLEH :
Hegi Firmandani (3160111055)
Hegi Firmandani (3160111055)
UNIVERSITAS
TEKNOLOGI YOGYAKARTA
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
D3
AKUNTANSI
2017
HALAMAN
PENGESAHAN
1. Judul
Usaha : Terrarium
2. Pelaksana :Hegi Firmandani
NIM : 3160111055
Semester : 3
Program
studi : D3 Akuntansi
Fakultas : FEB
3. Rencana
Biaya :5.000.000 – 9.000.000
4. Jangka
waktu pelaksanaan : 3 Bulan
5. Lokasi
usaha : Dagaran RT 04, Palbapang, Bantul
Mengetahui
Dosen
Pengampu, Pelaksana,
Syafruddin,
S.E, M.M Hegi
Firmandani
BAB
I
PENDAHULUAN
1. LATAR
BELAKANG
Terrarium merupakan
seni menanam tanaman dalam wadah transparan. Sebagian ekologi tanaman bisa
dibuat dalam ruangan yang sedikit. Ekologi buatan tersebut yang digunakan para
pecinta seni untuk memanjakan mata pada ruang privat atau ruang publik. Kondisi
hiruk pikuk perkotaan yang kurang area hijau membuat para pecinta seni atau
para botanis membuat sebuah kreasi berupa terrarium.
Semakin sempitnya lahan
terbuka membuat masyarakat mencari sesuatu yang dapat menghijaukan halaman
rumah dan lahan sekitarnya. Konsep tanaman hias dalam media transparan yang
disebut Terrarium menawarkan alternatif tanaman hias yang berbeda. Terarrium
sendiri merupakan seni tanaman hias di dalam media yang terbuat dari kaca atau
plastik transparan. Keunikan dari Terrarium terletak pada bahan yang digunakan
dan fungsinya sebagai taman mini. Selain itu, ukurannya-pun bisa disesuaikan
dengan ketersediaan tempat
Fungsi utama dari
terrarium ini adalah sebagai hiasan ruang tertutup. Selain itu, terrarium juga
dapat berfungsi sebagai taman mini dalam ruangan tertutup, yang dapat menjadi
alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan pemandangan hijau. Terutama di
kota-kota besar, yang identik dengan minimnya pemandangan hijau. Selain itu,
hal lainnya yang mungkin memberikan nilai tambah adalah masalah global warming.
Dari keadaan tersebut
saya berusaha menangkap masalah yang ada pada sebagian masyarakat di perkotaan,
saya mencoba menangkap kesempatan yang menjadi persoalan tersebut dengan cara
menjual terrarium, pemecahan masalah bagi sebagian warga perkotaan yang sangat
menginginkan tumbuhan di rumah mereka tanpa harus mempunyai lahan.
BAB
II
GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
1. ANALISIS
PRODUK
Terrarium adalah sebuah produk yang
sangat unik, karena memiliki kepraktisan dan nilai estetika yang tinggi. Jika
pada masyarakat perkotaan sangat sibuk dan rungan mereka sangat sempit dan
tidak memiliki tanaman, maka terrarium adalah solusi untuk masalah membuat kebun
mini pada ruangan yang sempit. Seiring berjalannya waktu terrarium banyak
digemari masyarakat karena nilai estetikanya yang tinggi dan juga cara
perawatannya yang mudah, oleh karena itu sekarang terrarium banyak dijadikan
sebagai hadiah atau kado ulang tahun maupun kado wisuda.
Keunggulan produk terrarium kami
adalah pada adanya variasi bentuk dan harga, harga dari produk kami mulai dari
30rb an untuk yang kecil sampai dengan 150 rb an untuk yang besar.
2. ANALISIS
PEMASARAN
a) Produk
Produk
yang direncanakan adalah terrarium, setelah terrarium selesai dibuat maka kami
akan siap menjual produk tersebut, dan konsumen yang ingin memvariasi sendiri
jenis tanaman, pasir, atau batu dapat dibuatkan.
b) Tempat
Tempat
berjualan yang kami rencanakan adalah dengan online dan stand, yaitu dengan
meng iklankan produk kami di OLX, maupun di media social lainnya seperti
FB,Twitter, Instagram, dll.
c) Price
Penentuan
harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya
lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya
pun bisa dinaikan dari standar harga normal.
d) Promosi
Promosi
yang saya rencanakan adalah dengan memposting produk kita di media social,
maupun merekomendasikan produk untuk teman terdekat kita, sehingga promosi dari
mulut ke mulut dapat terjadi.
3. ANALISIS
SEGMENTASI PASAR
a) Pekerja
perkotaan yang memiliki tingkat mobilitas jadwal kerja yang padat yang menyukai
botani (Karena banyaknya pekerja di perkotaan yang sibuk dan tidak memiliki
waktu untuk menghias kamar/ruang tamu maka terrarium adalah solusi terbaik).
b) Ibu
rumah tangga yang tidak memiliki lahan untuk kebundi rumah.
c) Mahasiswa
atau pemuda (Sebagian orang ada yang bingung untuk mencari hadiah yang unik dan
berkesan dan berbeda dari yang lain, nah terrarium bisa salah satu pilihan
tersebut kaena terrarium adalah produk yang unik karena bentuknya yang bagus
terrarium juga harus diberi perawatan yang mudah).
4. ANALISIS
PESAING
Sejauh ini untuk pesaing saya masih
jarang menemukan pesaing yang memiliki usaha yang menjual terrarium. Jadi besar
harapan saya untuk menjadi pelopor terrarium di daerah saya.
5. ANALISIS
S.W.O.T.
·
Strengh
a) Menawarkan
inovasi produk tanaman hias yang unik
b) Perawatannya
mudah
c) Disainnya
bervariasi
·
Weakness
a)
Tidak semua tanaman dapat dijadikan produk terrarium
b)
Diperlukan kreatifitas dan keahlian tertentu dalam merangkai terrarium
c)
Pengusaha belum memiliki pengalaman berwirausaha terrarium
d)
Perlunya banyakinovasi
·
Opportunity
a) Tingkat
persaingan masih rendah
b) Kemudahan
akses internet di daerah perkotaan
c) Usaha
tidak mencemari lingkungan
d) Harga
cenderung stabil
e) Budaya
masyarakat perkotaan yang ingin serba praktis
·
Threats
a) Persediaan
bahan baku di pasaran tidak menentu
b) Minat
konsumen yang tidak menentu
c) Kemungkinan
timbul usaha terrarium yang baru
d) Ancaman
penyakit pada tanaman jika lingkungan terlalu lembab
BAB
III
METODE
PELAKSANAAN
1. TAHAP
RISET
Pada
tahap ini, yang kami lakukan adalah dengan melakukan riset pada pasar yang
meliputi tempat kami membeli bahan baku, tempat kami ketika besok akan
mendirikan stand etika ada event, dan riset pada target sasaran target pembeli.
2. TAHAP
PERSIAPAN AWAL
Tahap
ini adalah tahap dimana kami akan mempersiapkan segala jenis peralatan maupun
bahan untuk persiapan sebelum pembuatan terrarium.
3. TAHAP
PRAKTEK PEMBUATAN
a.
Tutupi permukaan dasar wadah dengan
arang hingga tertutup. Arang berbentuk kecil-kecil tapi tidak hancur.
b) Lapisan
kedua ditambahkan zeolit ukuran 4 hingga tertutup rata.
c) Tambahkan
bahan organik seperti cocopeat.
d) Tanam
akar tanaman yang telah bersih dari tanah di dalam bahan organik. Atur bentuk
dan susunannya agar terlihat indah.
e) Tutupi
perlahan dengan zeolit ukuran 2. Agar tidak berantakan dapat menggunakan
corong.
f) Lapisan
teratas ditutupi dengan zeolit ukuran 1.
g) Hiasi
permukan atas dengan aksesoris seperti pasir pantai atau bebatuan.
h) Setelah
selesai, semprot terrarium dengan sprayer perlahan hingga air meresap hingga
lapisan terbawah.
i)
Bersihkan permukaan kaca dengan kain.
4. TAHAP
PEMASARAN
Tahap
ini adalah tahap dimana kami melakukan pemasaran dengan menawarkan produk kami
kepada konsumen, dan juga melakukan negosiasi dengan sebagian pemilik toko accesoris di beberapa tempat strategis
seperti tempat pariwisata, kantin, dll untuk bekerja sama dengan kami
menitipkan produk kami pada mereka.
5. TAHAP
KONTROL DAN PEMBANGUNAN USAHA
Produksi
Terrarium di lakukan setiap hari, sehingga diharuskan adanya perencanaan yang
jelas untuk peningkatan produksi dan pemasaran. Pembukuan merupakan aspek
penting untuk mengetahui pengembangan usaha sehingga perlu dilakukan evaluasi
rutin. Evaluasi ini dibagi dua yaitu evaluasi kecil yang dilakukan setiap hari
yang meliputi jumlah produksi dan hasil penjualan, dan evaluasi besar setiap 2
minggu sekali, evaluasi ini ditekankan pada pengembangan usaha dan
inovasi-inovasi baru yang dapat meningkatkan daya saing produk.
BAB
IV
ANGGARAN
BIAYA
NO
|
BARANG
HABIS PAKAI
|
JUMLAH
|
BIAYA
@
|
|
1.
|
Pasir
hias
|
50
PLASTIK
|
Rp.
5.000
|
Rp.
250.000
|
2.
|
Batu
Zeloit ukuran 1
|
20
PLASTIK
|
Rp.
10.000
|
Rp.
200.000
|
3.
|
Batu
Zeloit ukuran 2
|
20
PLASTIK
|
Rp.
12.500
|
Rp.
250.000
|
4.
|
Batu
Zeloit ukuran 3
|
20
PLASTIK
|
Rp.
14.000
|
Rp.
280.000
|
5.
|
Wadah
kaca besar
|
30
buah
|
Rp.
15.000
|
Rp.
450.000
|
6.
|
Wadah
kaca sedang
|
20
buah
|
Rp.
12.500
|
Rp.
250.000
|
7
|
Wadah
kaca kecil
|
50
buah
|
Rp.
8.000
|
Rp.
400.000
|
8.
|
Tanaman
pokok hias
|
100
buah
|
Rp.
5.000
|
Rp.
500.000
|
9
|
Tanaman
hias pembantu
|
50
|
Rp.
2.500
|
Rp.
125.000
|
10.
|
Aksesoris
|
200
|
Rp.
1.000
|
Rp.
200.000
|
11.
|
Pupuk
|
2
karung
|
Rp.
250.000.000
|
Rp.
500.000
|
12.
|
Cat
3 warna
|
3
|
Rp.
50.000
|
Rp.
150.000
|
JUMLAH
|
Rp.
3.555.000
|
|||
NO
|
PERALATAN
PENUNJANG
|
JUMLAH
|
BIAYA
|
JUMLAH
|
1.
|
Sekop
kecil
|
4
|
Rp.
2.500
|
Rp.
10.000
|
2.
|
Sumpit
|
4
|
Rp.
1.500
|
Rp,
6.000
|
3.
|
Kuas
|
4
|
Rp.
4.000
|
Rp.
16.000
|
4.
|
Kendaraan
+ BBM
|
Rp.
500.000
|
||
5.
|
Alat
Tulis
|
Rp.
100.000
|
||
6.
|
1
set stand tempat jualan
|
1
|
Rp.
2.000.000
|
Rp.
2.000.000
|
JUMLAH
|
Rp.
2.632.000
|
|||
NO
|
BIAYA
LAIN LAIN
|
JUMLAH
|
BIAYA
|
JUMLAH
|
1.
|
Print
banner
|
2
|
Rp
120.000
|
|
2.
|
Promosi
online
|
Rp.500.000
|
||
3.
|
Biaya
tak terduga
|
Rp.
1.000.000
|
||
JUMLAH
|
Rp.
1.620.000
|
|||
JADWAL
KEGIATAN
No.
|
Kegiatan
|
Bulan ke-1
|
Bulan ke-2
|
Bulan ke-3
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Pembuatan Proposal
|
|||||||||||||
2.
|
Persiapan alat
|
|||||||||||||
3.
|
Survey ketersedian bahan
|
|||||||||||||
4.
|
Survey pasar
|
|||||||||||||
5.
|
Pelaksanaan Program
|
|||||||||||||
6.
|
Riset Pasar
|
|||||||||||||
7.
|
Praktek pembuatan inovasi terrarium
|
|||||||||||||
8.
|
Pemasaran produk
|
|||||||||||||
9.
|
Pembangunan usaha
|
|||||||||||||
10.
|
Kontrolling dan pengembangan bersama
|
|||||||||||||
11.
|
Pengolahan data
|
|||||||||||||
12.
|
Pembuatan laporan dan evaluasi
|
|||||||||||||
Lampiran
1
BIODATA
Nama :
Hegi Firmandani
Tempat, Tanggal, Lahir : Bantul, 24 Deember 1996
NIM :
3160111055
Jenis kelamin :
Laki- laki
Program :
D3 Akuntansi
No. Telepon :
089666999152
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata di atas adalah benar dan
dapat dipertanggungjawabkan.
Apabila
dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksamaan dengan data biodata di atas
maka saya siap mempertanggungjawabkannya.
Demikian
biodata ini saya buat dengan sebenar – benarnya untuk memenuhi salah satu
persyaratan.
Bantul,
22 Desember 2017
Hegi
Firmandani
Lampiran
II
SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Hegi Firmandani
NIM :
3160111055
Program Studi :
D3 Akuntansi
Dengan ini menyatakan bahwa proposal BUSSINES PLAN
saya dengan judul “Terrarium” yang diusulkan untuk tahun anggaran 2016/2017
bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidak sesuaian
dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan
ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian ke kas
Negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya
dan dengan sebenar-benarnya.
Bantul,
22 Desember 2017
Wakil
Direktur III Yang
Menyatakan,
Bidang Kemahasiswaan,
Bidang Kemahasiswaan,
Drs.
Surya Darmawan, M.M Hegi
Firmandani
Lampiran
III
FOTO TERRARIUM





analisis yang bagusss
BalasHapus